Cara Menentukan Arah Mata Angin Menggunakan Matahari


Soscilla Cara Mengetahui Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas
Soscilla Cara Mengetahui Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas from soscilla.blogspot.com

Cara Menentukan Arah Mata Angin Menggunakan Matahari

Apa itu Arah Mata Angin?

Arah mata angin adalah arah utama yang digunakan untuk menyebutkan arah di seluruh dunia. Juga sering disebut sebagai arah utara, timur, selatan, barat, dan kompas.

Bagaimana Cara Menentukan Arah Mata Angin Menggunakan Matahari?

Cara paling mudah untuk menentukan arah mata angin adalah dengan menggunakan matahari. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Tentukan Arah Matahari

Cobalah untuk menentukan arah matahari pada siang hari. Pada siang hari, matahari berada di sebelah barat. Jadi, jika Anda berdiri dengan matahari di belakang Anda, maka Anda akan menghadap ke timur.

Langkah 2: Tentukan Arah Utara

Arah utara dapat ditentukan dengan cara menghadap ke timur. Selanjutnya, Anda harus menggunakan jam untuk menentukan arah utara. Putar jam tangan Anda sehingga jarum jam berada di atas. Ini akan mengarah pada arah utara.

Langkah 3: Putar Jarum Kompas

Sekarang, Anda harus menggunakan kompas. Putar jarum kompas sehingga jarum mengarah ke arah utara yang telah ditentukan. Jarum kompas akan menunjukkan arah utara.

Langkah 4: Putar Tubuh Anda

Sekarang Anda harus berdiri dengan jarum kompas di tangan Anda dan putar tubuh Anda sehingga jarum kompas mengarah ke utara. Ini akan menunjukkan arah mata angin. Ini adalah arah mata angin.

Kesimpulan

Cara untuk menentukan arah mata angin adalah dengan menggunakan matahari, jam, dan kompas. Dengan menggunakan kombinasi ketiga alat tersebut, Anda dapat dengan mudah menentukan arah mata angin yang benar.


Tidak ada komentar untuk "Cara Menentukan Arah Mata Angin Menggunakan Matahari"